Film inspiratif: The Pursuit of Happyness

Film Inspiratif The Pursuit of Happyness

The Pursuit of Happyness (2006), adalah salah satu dari deretan film bagus yang paling sering direkomendasikan untuk ditonton. Film ini berdasarkan kisah nyata dari Chris Gardner, seorang salesman yang berhasil menjadi pialang saham kaya. Perjuangan yang dilaluinya cukup berliku-liku, dimana Chris harus mengalami beberapa masalah hidup diantaranya harus kehilangan tempat tinggal dan bahkan tidur bersama anaknya di sebuah toilet umum. Bukan hanya kisah perjalanan dari seorang yang miskin hingga menjadi jutawan yang membuat kita harus menonton film ini, namun karena banyak terdapat pesan-pesan dan nilai positif akan arti dari sebuah kehidupan yang kiranya dapat menginspirasi kita semua untuk menjadi lebih baik.

Dalam film ini dikisahkan, bahwa awalnya Chris Gardner (Will Smith) tinggal bersama istrinya, Linda dan anaknya (Jaden Smith) yang baru berusia 5 tahun, di sebuah apartemen yang kecil. Chris menginvestasikan seluruh tabungannya untuk membeli scanner kepadatan tulang (portable bone-density scanners), yang ia tawarkan dari rumah sakit satu ke rumah sakit lainnya. Memang scanner ini dapat menghasilkan gambar yang lebih baik dibanding x-ray, namun karena harganya masih dianggap mahal, Chris pun menemui kesulitan untuk menjualnya. Sedangkan kebutuhan hidupnya yang terus meningkat membuat keuangannya makin berantakan, meski istrinya sudah menambah shift kerjanya. Hal ini mengakibatkan akhirnya Linda pergi  meninggalkan Chris ke kota New York. Awalnya Linda ingin mengajak anaknya, namun tidak jadi karena Chris bersikukuh, Christopher-anaknya, harus tinggal bersamanya.

Kehidupan keras Chris Gardner, ternyata sudah ia rasakan semenjak masih kecil, ketika ia tinggal bersama ibunya, tanpa pernah melihat siapa ayahnya. Hal inilah yang membuat dirinya berkeinginan kuat untuk tetap bersama anaknya, karena dia telah mengambil keputusan di masa kecilnya, saat dia memiliki anak nanti, dia tidak ingin anaknya tidak tahu siapa ayahnya seperti yang dia alami.

Chris adalah seorang yang selalu bekerja keras, bertanggungjawab dan optimis. Dia tidak menyalahkan istrinya yang telah pergi meninggalkan dirinya dan anaknya. Chris tidak tenggelam dalam kesedihan akan keadaan yang terjadi, namun ia tetap bekerja keras untuk menjual alat scan-nya. Setiap hari dia menitipkan anaknya-Christopher ke tempat penitipan anak, agar ia dapat fokus bekerja. Untunglah Christopher dapat mengerti dan memahami keadaan mereka sekarang ini.

Dalam keadaan putus asa, secara tidak sengaja, Chris bertemu dengan seseorang yang membawa Ferrari berwarna merah. Chris langsung bertanya kepada orang itu,
“Wow, I gotta ask you two questions. What do you do? And how do you do that?”
Saya harus menanyakan 2 pertanyaan kepadamu. Apa pekerjaanmu dan bagaimana caramu untuk bisa mendapatkan mobil mewah ini?” Orang tersebut menjawab bahwa ia adalah seorang pialang saham. Dari sinilah perubahan hidup yang dibuat oleh Chris setelah ia memutuskan untuk berkarir sebagai pialang saham.

Chris akhirnya menerima tawaran magang tanpa dibayar di sebuah perusahaan pialang Dean Witter Reynolds. Dia bersama 19 peserta magang lainnya bersaing untuk menjadi satu orang yang akan dinyatakan lulus dan bekerja di perusahaan tersebut. Selain harus belajar dan bekerja magang di kantor Dean Witter, dia masih harus berusaha menjual alat scan yang tersisa untuk dapat mencukupi kebutuhan hidupnya dan anaknya.

Chris tidak hanya mengalami tantangan untuk menawarkan barang dagangannya, namun ia pun harus rela kehilangan mobil dan juga apartemennya. Dari sinilah, Chris harus hidup tanpa memiliki tempat tinggal, bahkan ia terpaksa harus tidur di kamar mandi umum, karena melihat anaknya sudah sangat lelah dan mengantuk. Di hari-hari berikutnya, Chris dan anaknya harus tidur di tempat-tempat umum, dan terkadang mereka mengantri untuk mendapatkan kamar di sebuah rumah penampungan. Namun karena tempat terbatas, mereka pun harus berkejaran dengan waktu, untuk bisa mendapatkan kamar. Dan apabila tidak berhasil, mereka pun harus tidur di luar.

Usaha keras dan perjuangan dari Chris Gardner akhirnya membuahkan hasil, hingga akhirnya ia berhasil menjadi peserta magang terbaik dan diterima bekerja di Dean Witter Reynolds. Beberapa tahun kemudian, ia mendirikan perusahaan pialang sendiri, Gardner Rich.

 

 

Nilai yang dapat diambil:
Film The Pursuit of Happyness ini sangat layak anda tonton, karena banyak pelajaran hidup yang dapat diambil di dalamnya. Kegigihan yang ditunjukkan oleh Chris Gardner dalam menjalani hidupnya sungguh luar biasa. Hal ini patut kita teladani dalam kehidupan kita sehari hari. Selain itu, Chris juga memberikan inspirasi kepada kita semua untuk tidak mudah putus asa dan terus berfokus kepada tujuan / impian kita.

Terdapat beberapa pesan yang memiliki arti mendalam, seperti di salah satu adegan di film tersebut, ketika Christopher-anak Chris menceritakan tentang suatu cerita kepada ayahnya:
“There was a man who was drowning, and a boat came, and the man on the boat said “Do you need help?” and the man said “God will save me”. Then another boat came and he tried to help him, but he said “God will save me”, then he drowned and went to Heaven. Then the man told God, “God why didn’t you save me?” and God said “I sent you two boats, you dummy!”
Kurang lebih, pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa Tuhan memberikan pertolongan dengan cara-cara yang munkin kita tidak menyadari bahwa itu adalah pertolongan dari-Nya.

Adegan lainnya yang juga mempunyai makna positif adalah ketika Chris mengajarkan akan pentingnya menjaga impian kepada Christopher:
“You got  a dream, you gotta protect it. People can’t do something themselves, they wanna tell you that you can’t do it. You want something? Go get it. Period”

Film Inspiratif The Pursuit of Happyness

Penasaran dengan filmnya, silahkan klik The Pursuit Happyness Trailer.

 

Jika Anda rasa review film ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada teman Anda, silahkan share dengan klik icon (Bagikan ini) di bawah ini.
Berbagi itu Indah, Berbagi itu Bermanfaat. 
#YPRIndonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s