Belajar Dari Kolonel Sanders

Belajar Dari Kolonel Sanders

Apakah anda salah satu penggemar ayam goreng dari Kentucky Fried Chicken? Tahukah anda siapa pria berjenggot yang selalu ada di logo KFC? Dia adalah Kolonel Harland Sanders, yang berhasil mendirikan restoran cepat saji KFC hingga menjadi populer di dunia. Tidak banyak yang mengetahui kisah perjuangannya, namun yang hebatnya, Kolonel Sanders baru memulai bisnis waralabanya ini di saat usianya 65 tahun. Lewat kehidupannya, anda tidak akan menyangka, bahwa ternyata ia membutuhkan waktu 9 tahun untuk menyempurnakan bumbu rahasia kelezatan ayam goreng KFC. Mari kita simak kisah di balik kesuksesan Kolonel Sanders.

Harland David Sanders lahir pada 9 September 1890. Sejak kecil, Sanders sudah menghadapi berbagai cobaan kehidupan. Ayahnya meninggal pada saat ia masih berusia enam tahun. Ibunya terpaksa harus bekerja banting tulang menghidupi Sanders dan adiknya yang masih berusia tiga tahun. Kondisi yang ada mengharuskan Sanders menjaga adiknya dan belajar memasak lebih awal. Karena sering memasak di rumah, di usianya yang ke 7, Sanders memiliki kemampuan masak yang patut dipuji.

Demi menghidupi dirinya, Sanders ikut menerjunkan diri ke dunia luar dan bekerja sejak usia 10 tahun. Kerasnya kehidupan dan kebutuhan yang mendesak membuat Sanders tak gentar mencoba berbagai pekerjaan di jalanan. Masa mudanya dihabiskan dengan bekerja sebagai tukang kebun, tukang parkir, kondektur bus, menjadi tentara yang dikirim ke kuba, pembantu rumah tangga, hingga pemadam kebakaran. Tak hanya itu saja, ia juga belajar ilmu hukum melalui korespondensi, praktik dalam pengadilan, bekerja sebagai sales asuransi, sales ban dan operator bengkel.

Pada tahun 1930, Sanders berhasil membeli pom bensin dan bengkel di daerah Kentucky. Di sana, ia melihat banyak pengendara mobil mencari makanan saat tengah mengisi bahan bakar atau membetulkan mobilnya. Rasa lapar para pelanggannya tersebut justru dipandang Sanders sebagai peluang bisnisnya. Ia lalu memutuskan untuk memasak dan mencoba menjual makanan buatannya pada para pengendara yang mengisi bahan bakar di pom bensin miliknya. Para pelanggan merasa senang dan menyukai masakan Sanders. Kepuasan para konsumen menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Sanders. Hal itulah yang membuatnya terus memasak.

Karena semakin banyak orang yang datang ke tempatnya untuk makan, akhirnya di usianya ke 40, Sanders membuka restoran pertamanya di depan pom bensinnya di Corbin, Kentucky. Di sana Sanders bekerja sebagai pengisi bahan bakar, koki, dan kasir. Area penjualan makanannya diberi nama ‘Sanders Court & Cafe’. Pada tahun 1936, Gubernur Kentucky Ruby Laffoon memberikan gelar Kentucky Colonel pada Sanders karena kontribusinya pada sektor makanan di sana. Setelah 9 tahun mencoba meracik resep rahasia dengan teknik yang masih digunakan hingga sekarang, Sanders akhirnya berhasil menemukan resep ayam goreng super lezat pada tahun 1940.

Pada tahun 1952, Sanders mendirikan restoran Kentucky Fried Chicken pertamanya. Dalam logo restorannya, dia sudah menyertakan wajahnya bersama dengan nama restoran yang ia dirikan. Saat itu logo KFC masih berwarna hitam putih. Namun pada tahun 1955, pemerintah membangun jalan tol melintasi Corbin, Kentucky. Hal ini menyebabkan rumah makannya tidak lagi strategis dan menarik pengunjung. Dia terpaksa harus menjual pom bensin dan restorannya.

Tetapi Sanders tidak pernah menyerah, dikarenakan ia memiliki rasa percaya diri kuat akan kualitas ayam gorengnya, ia pergi menyeberangi negara-negara bagian dengan mobil dari satu restoran ke restoran lainnya. Dia terus berusaha mengenalkan produk ayam gorengnya ke seluruh penjuru Amerika Serikat. Sanders lalu memasak ayam goreng dari satu restoran ke restoran yang lain dengan perjanjian dirinya akan dibayar empat sen untuk satu potong ayam yang terjual di restoran tersebut. BIsnisnya pun menjadi besar dengan sejumlah franchise (waralaba) yang didirikannya.

Menginjak usia tujuh puluh tahun, jumlah rumah makan yang menjadi bagian dari franchise KFC nya menjadi dua ratus tempat, di USA dan Kanada. Setelah mencapai jumlah ini, Sanders berhenti berkeliling karena banyak orang yang datang ke tempat tinggalnya untuk berkonsultasi. Pada tahun 1963, jumlah rumah makan yang berada di bawah franchise KFC nya mencapai enam ratus tempat. Jumlah tersebut terlalu banyak, sehingga akhirnya Sanders memutuskan untuk menjual bisnis waralabanya kepada Jhon Brown Junior dan milyuner Jack Mass.

 

 

 

 

Nilai yang dapat diambil:
Ternyata tidaklah mudah perjalanan yang dilalui Kolonel Sanders hingga waralaba KFC nya bisa terkenal di banyak negara di dunia sampai saat ini. Kolonel Sanders telah membuktikan kepada kita, bahwa usia bukanlah menjadi faktor penghalang bagi kita untuk mencapai kesuksesan. Pada kenyataannya masih banyak orang-orang di sekitar kita yang berpikir terlalu tua atau bahkan terlalu muda untuk memulai bisnisnya.

Hal lainnya yang dapat kita teladani dari Kolonel Sanders adalah ketekunan dan semangatnya untuk terus belajar, hingga akhirnya ia berhasil menyempurnakan teknik untuk membuat ayam goreng yang enak dan dapat diterima oleh orang banyak. Bukanlah waktu yang sebentar, selama 9 tahun ia terus belajar dan bereksperimen dengan resep rahasianya. Lalu bagaimana dengan kita yang terkadang berhenti belajar hanya dalam hitungan bulan atau minggu saja? Disinilah pentingnya kita mengetahui dan belajar dari seseorang yang telah mencapai kesuksesan. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dan kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari.

“Janganlah mudah menyerah atau berputus asa, yakinlah dengan kemampuan diri hingga mencapai kesuksesan yang diinginkan.” #DC

 
Jika Anda rasa cerita ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada teman Anda, silahkan share dengan klik icon (Bagikan ini) di bawah ini.
Berbagi itu Indah, Berbagi itu Bermanfaat. 
#YPRIndonesia

 

 

Referensi:
http://kolom-biografi.blogspot.com
http://www.ciputraentrepreneurship.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s