Orang yang Bahagia adalah Orang yang Sehat

Orang yang bahagia adalah orang yang sehat

Selama berabad-abad, pembelajaran tentang hubungan antara kebahagiaan dan kesehatan sangatlah populer. Hal ini berkaitan dengan keinginan untuk melihat lebih jauh apakah emosi positif seperti kebahagiaan dan kepuasan mempunyai hubungan dengan peningkatan fungsi atau daya tahan tubuh terhadap penyakit. Terdapat bukti hubungan yang cukup antara ketidakbahagiaan dan kesehatan yang buruk. Kondisi negatif, seperti kecemasan, depresi dan stres dapat mengurangi fungsi kekebalan tubuh dan bahkan menyebabkan peradangan di dalam tubuh, yang dapat membawa kepada kondisi kesehatan yang tidak diinginkan.

Beberapa pernyataan menyarankan bahwa ketika kita dalam kondisi dengan pikiran positif dan tetap menjaga diri agar bahagia, maka semakin kecil kemunkinan tubuh kita untuk mengembangkan penyakit. Namun ketika kita mempertahankan keadaan stress dan kondisi yang tidak bahagia, maka semakin besar kemunkinan tubuh kita untuk menarik penyakit. Ini adalah cara kerja mekanisme dari tubuh dan pikiran kita.

Pernahkah anda mendengar pernyataan bahwa segala sesuatu selalu diawali dari pikiran. Seperti yang ada dalam buku atau film berjudul The Secret, bahwa “Tubuh kita adalah produk dari pikiran kita.” Rhonda Byrne, penulis The Secret, telah menemukan pentingnya faktor pikiran dan yang mengubah hidupnya menjadi lebih positif, menyatakan sebagai berikut: “Semua stres dimulai dengan satu pikiran negatif. Satu pikiran negatif yang muncul tanpa terawasi, kemudian datang lebih banyak pikiran negatif, sehingga stres terwujud.” Sebaliknya dengan pikiran, kita juga dapat membalikkan keadaan menjadi lebih positif. Terlepas dari apapun yang sudah terjadi, Anda dapat mengubahnya sekarang juga. Dengan satu pikiran positif kecil, yang kemudian akan bertambah semakin banyak sehingga akan menghasilkan satu kebiasaan untuk menjaga agar pikiran senantiasa positif.

Selama ini munkin kita sudah akrab dengan ungkapan, “Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”. Jargon olahraga dan kesehatan ini biasanya digunakan sebagai pendorong agar kita rajin berlatih / berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Untuk mendapatkan tubuh yang kuat dan sehat kita perlu berolahraga. Bila badan kita kuat dan sehat maka jiwa kita pun sehat. Kalau jiwa sehat, pikiran pun jernih, ketika pikiran jernih maka akan menghasilkan tindakan-tindakan yang positif. Dengan kata lain, fisik dan mental yang kuat, jasmani dan rohani yang sehat, akan menghasilkan individu yang tangguh.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tubuh dan pikiran adalah aset kita yang paling berharga, di mana kedua bagian itulah yang harus kita perhatikan secara seimbang. Apabila selama ini, isi dari blog ini adalah tentang artikel-artikel yang dapat memberikan motivasi dan inspirasi agar kita dapat menjadi lebih baik, maka untuk postingan ke depan, akan di share juga cara-cara agar kita dapat hidup lebih sehat; tips-tips memilih olahraga & makanan yang sehat, serta hal hal lain yang dapat membantu tubuh dan pikiran kita menjadi lebih baik dari hari ini.

Salam,

#YPRIndonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s