Tips Sehat: 8 Cara Menjaga Kebugaran Tubuh

8 Cara Menjaga Kebugaran Tubuh

Banyak orang menginginkan tubuhnya selalu sehat dan fit agar dapat menunjang aktivitasnya yang beraneka ragam. Aktifitas yang banyak sudah tentu membutuhkan banyak energi. Itu sebabnya menjaga tubuh agar selalu fit adalah hal yang sangat penting sekarang ini, karena tubuh yang fit akan dapat memperlancar segala aktivitas kita.

Namun pernahkah anda sadari, ada yang mempunyai banyak sekali aktivitas selama 7 hari dalam seminggu, akan tetapi tidak mempengaruhi kesehatannya, namun ada juga yang hanya beraktivitas 5 hari dalam seminggu, badan sudah terasa lemas dan tidak ada tenaga untuk melakukan aktivitas di hari berikutnya. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh seseorang berbeda-beda. Banyak orang menginginkan tubuhnya selalu bugar, namun mereka tidak mengetahui bagaimana caranya.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi bagaimana cara untuk menjaga kebugaran tubuh, menurut berbagai sumber kesehatan.

1. Ubah suasana
Mulailah bersihkan tempat di mana anda tidur, kamar mandi, ruang makan, dan bagian lainnya dari rumah anda, serta tempat di mana anda bekerja (ruang kerja / kantor). Jagalah selalu kebersihan sekitar terutama untuk ruangan di mana tempat anda banyak menghabiskan waktu beraktivitas. Buatlah senyaman yang anda inginkan. Karena lingkungan yang nyaman dan bersih, bukan saja membuat tubuh kita lebih sehat secara fisik namun juga dapat membantu pikiran kita menjadi lebih tenang dan dapat membangkitkan kreativitas.

2. Makan makanan yang sehat
Ada pernyataan yang mengatakan bahwa, “Tubuh kita adalah hasil dari apa yang kita makan.” Maka apabila kita ingin tubuh yang sehat dan bugar, sudah saatnya kita memperhatikan makanan sehat yang seharusnya masuk ke dalam tubuh. Ibarat tubuh seperti kendaraan, maka kita pun harus terus menjaga makanan yang kita makan, sebagai bahan bakar bagi tubuh kita. Pilihlah makanan dengan proses pembuatan yang tidak mengandung lemak jenuh tinggi, banyak kolesterol, dan zat berbahaya seperti pewarna, pemanis dan pengawet. Makanan yang pengolahannya dengan dikukus, direbus atau dipanggang akan lebih baik daripada yang digoreng. Pastikan untuk makan banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan protein tanpa lemak.

3. Minum air putih yang cukup
Minum air putih mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, namun yang perlu diingat adalah minumlah air putih secukupnya, artinya tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak. Rekomendasi yang paling tepat untuk berapa banyak air putih yang kita minum perhari adalah berbanding dengan berat tubuh kita. Misalnya seseorang yang memiliki berat badan seberat 50kg, maka konsumsi air minum yang diperbolehkan untuk orang tersebut adalah tidak lebih dari 1.5 liter perhari. Rekomendasi ini sangat logis, karena berat badan seseorang tentunya berpengaruh juga dengan jumlah kebutuhan air yang harus diminumnya perhari. Orang yang lebih gemuk tentunya membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang kurus. Namun yang perlu diperhatikan, bahwa kebutuhan air minum perhari untuk tiap-tiap orang berbeda, tidak saja dari berat badan, tapi juga bergantung pada kondisi tertentu, yaitu aktivitas fisik, cuaca, jenis kelamin dan kondisi kesehatan. Minumlah  di saat anda merasa haus, karena haus adalah indikator terbaik untuk mengetahui kapan saatnya tubuh anda membutuhkan air minum.

4. Mengkonsumsi multivitamin
Meskipun selalu menjaga untuk makan makanan yang sehat, namun kita tidak mengetahui apakah nutrisi yang tubuh kita butuhkan sudah terpenuhi atau belum, dan mengkonsumsi multivitamin setiap hari adalah ide yang baik. Oleh sebab itu pilihkan vitamin-vitamin (vit A, B, C, D, E) untuk melengkapi kebutuhan harian, agar bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh anda. Namun yang perlu diingat bahwa multivitamin bukanlah seperti obat ajaib. Makanan yang sehat tetaplah harus menjadi sumber utama anda untuk mendapatkan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral.

5. Istirahat yang cukup
Pastikan anda selalu beristirahat dengan baik dan cukup setiap harinya, jangan berlebihan dan jangan kekurangan. Istirahat yang cukup dapat membantu sistem kekebalan tubuh seseorang berfungsi dengan baik, dan tidur nyenyak di malam hari dapat meningkatkan metabolisme serta memberikan kesempatan pada sel sel dalam tubuh untuk melakukan regenerasi. Terdapat beberapa faktor untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, yaitu kenyamanan tempat tidur, suasana yang sejuk, tenang, dan tentunya tempat tidur yang bersih. Anda hanya punya satu tubuh selama hidup, dan tubuh anda juga sama pentingnya dengan pekerjaan yang harus anda kerjakan di rumah pada waktu sudah larut malam.

6. Olahraga secara teratur
Memiliki jadwal olahraga secara teratur sangatlah penting bagi keseimbangan tubuh dan berperan besar dalam menjaga tubuh anda tetap bugar. Cobalah untuk berolahraga minimal 15-30 menit setiap hari dan rasakan perubahan positif dari dalam tubuh anda. Olahraga yang baik adalah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah dan menguatkan otot-otot yang kendur. Pilihlah kegiatan atau olahraga yang anda sukai. Misalnya, menari, yoga, mengayuh sepeda, berenang, berlari atau angkat beban. Cobalah mendaftar untuk mengikuti kelas-kelas tertentu agar anda punya kegiatan lain di luar rutinitas harian. Dengan melakukan olahraga secara teratur, vitalitas anda akan tetap terjaga sepanjang hari.

7. Meditasi dan olah pernafasan
Semakin banyak orang mengenal meditasi semakin banyak pula manfaat meditasi yang dia peroleh. Rajin melakukan meditasi ternyata tidak hanya bermanfaat untuk memusatkan diri pada satu perhatian dan membuat tubuh kembali rileks. Berbagai studi secara ilmiah membuktikan meditasi tak hanya memberikan ketenangan tapi juga menyehatkan fisik. Cobalah melakukan meditasi dan latihan pernafasan, karena hal ini akan menenangkan sistem saraf pusat, membantu meringankan tekanan dan memperkuat ketahanan terhadap penyakit. Latihan pernafasan yang kita lakukan serta keheningan meditasi akan mengembalikan fokus, membantu mengendalikan pikiran, mengembangkan pikiran yang sehat, serta membuat badan kita lebih segar.

8. Refreshing
Ibarat sebuah mesin yang terus digunakan untuk beraktivitas, tentu akan ada waktunya mesin itu nantinya akan bermasalah dan perlu diperbaiki, begitu pula dengan tubuh kita. Penyegaran kembali tubuh yang letih sangatlah perlu, karena selain dapat menjaga kesehatan juga sangat bermanfaat untuk menyegarkan kondisi psikis kita agar tidak tegang dalam mengerjakan aktivitas yang banyak. Dengan memiliki jadwal liburan tersendiri, bisa membuat performa kerja anda menjadi lebih baik lagi. Karena dengan tingkat kegembiraan yang tinggi serta pikiran yang segar maka seseorang akan lebih siap untuk kembali beraktivitas. Jadi, marilah kita mulai meluangkan waktu untuk segera menyegarkan kembali tubuh dan pikiran kita dengan mengunjungi tempat-tempat yang indah dan tenang di sekitar kita.

8 Cara menjaga kebugaran tubuh di atas sangatlah mudah untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Janganlah ragu untuk mencobanya sesegera munkin dan rasakan manfaatnya bagi tubuh dan pikiran anda. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca blog ini. Salam #YPRIndonesia

 

 

Jika Anda rasa informasi ini dapat memberikan manfaat kepada teman Anda, silahkan share dengan klik icon di bawah ini.
Berbagi itu Indah, Berbagi itu Bermanfaat. 
#YPRIndonesia

Iklan

Satu pemikiran pada “Tips Sehat: 8 Cara Menjaga Kebugaran Tubuh

  1. Ping balik: Tips Sehat: 8 Cara Menjaga Kebugaran Tubuh | Mulia Vemma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s