Cerita Inspiratif

Page ini adalah sebagai daftar dari cerita-cerita inspiratif yang ada di blog YPR, agar mudah untuk dipilih sesuai dengan keinginan. Silahkan klik pada judul untuk membuka ceritanya lebih lanjut. Salam YPR Indonesia.

 

 

1. Kisah Wortel, Telur dan Biji Kopi
Suatu ketika, dengan langkah lesu dan wajah sedih, seorang anak  mengeluh kepada ayahnya. “Ayah, aku tidak tahu harus berbuat apa lagi..aku sudah belajar hingga larut malam, juga sudah belajar bersama teman-teman. Tapi Bu Guru selalu memberikan soal ulangan yang sulit dan tidak dapat kami kerjakan. Apa yang harus aku lakukan, ayah..

2. Kisah Keledai Dalam Sumur
Seringkali kita merasa, hidup kita saat ini sedang berada pada titik terbawah. “Sudah jatuh, tertimpa tangga pula”..munkin pepatah itulah yang sering kita alami. Namun yakinlah satu hal, bahwa semua proses ini akan membuat kita menjadi lebih kuat dan tegar dari sebelumnya. Seperti cerita inspiratif kali ini, yang menceritakan tentang Seekor Keledai, langsung saja kita simak.

3. Kisah Seekor Anjing Kecil
Kita dilahirkan ke dunia ini sebagai pribadi yang unik dan istimewa, lengkap dengan kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Begitupun dengan orang-orang hebat seperti; Steve Jobs, Bill Gates, Larry Page, Jack Dorsey, ataupun Mark Zuckerberg. Lalu apa yang membedakan kita dengan mereka?

4. Kisah Seekor Belalang
Alkisah ada seekor belalang yang berhasil keluar dari kotak yang selama ini mengurungnya. Belalang itu menikmati kebebasannya dengan melompat gembira kesana kemari. Banyak hal yang dia bisa lihat, ternyata dunia di luar kotak jauh lebih indah. Bersyukurlah dia, karena ternyata keputusannya untuk keluar dari kotak tempat dia tinggal selama ini adalah keputusan yang terbaik.

5. Kisah Perangkap Tikus
Seekor tikus mengintip dari celah di tembok untuk mengamati sang petani dan isterinya, saat membuka sebuah bungkusan. Ada makanan pikirnya? Tapi, dia terkejut sekali, ternyata bungkusan itu berisi perangkap tikus. Segera ia berlari kembali ke ladang pertanian itu, tikus itu menjerit memberi peringatan;
“Awas, ada perangkap tikus di dalam rumah, hati-hati, ada perangkap tikus di dalam rumah!”

6. Tentara yang Baik Hati
Seorang professor diundang untuk berbicara di sebuah basis militer. Di sana ia berjumpa dengan seorang yang tak munkin ia lupakan, yaitu Ralph yang diberi tugas menjemputnya di bandara. Ketika berada di bandara, Ralph sering menghilang, ada saja yang dilakukannya, ia membantu seorang wanita tua yang kopernya jatuh dan terbuka, kemudian mengangkat dua anak kecil agar mereka dapat melihat sinterklas, ia juga menolong orang yang tersesat dengan menunjukkan arah yang benar. Namun ia selalu kembali ke sisi sang Professor dengan senyum lebar.

7. Kisah Semangkuk Nasi Putih
Cerita ini berdasarkan kisah nyata yang terjadi di daratan cina. Pada suatu sore hari, terlihat seorang pemuda yang berjalan mondar mandir di depan sebuah rumah makan di kota metropolitan. Ia menunggu sampai keadaan di dalam rumah makan sudah agak sepi, dengan malu malu iapun masuk ke dalam restaurant tersebut.

8. Petarung Bertangan Satu
Kisah ini berawal dari seorang pemuda yang hidup di Hawai. Tidak seperti orang normal lainnya, ia hanya mempunyai tangan kiri, sedang tangan kanannya tidak ada sejak lahir. Dengan keadaan yang cacat seperti ini, ia sering dihina dan diolok-olok oleh teman-temannya.

9. Kepompong Menjadi Kupu-Kupu
Diceritakan pada suatu hari, ada seorang anak laki-laki yang menemukan kepompong di sebuah pohon. Diamatinya dengan seksama kepompong itu dari dekat. Ternyata ada lubang kecil di bagian tengahnya. Dan terlihat di dalamnya ada kupu-kupu yang sedang berjuang untuk keluar dari kepompong. Karena belum pernah melihat secara langsung proses berubahnya kepompong menjadi kupu-kupu, membuat anak laki-laki itu menjadi antusias, ia duduk menunggu dan mengamati kepompong tersebut.

10. Kisah Seorang Petani Miskin
Diceritakan pada suatu hari, ada seorang petani miskin yang hidup dengan seorang puteranya. Petani itu hanya memiliki seekor kuda kurus yang setiap harinya membantu menggarap ladang mereka. Pada suatu hari, entah apa penyebabnya, tiba-tiba kuda petani lari begitu saja dari kandang menuju ke hutan. Para tetangga yang mengetahui berita itu cuman bisa berkata, “Sungguh malang nasibmu, Pak Tani..” Pak tani hanya menjawab, “Malang atau beruntung? Aku tidak tahu …”

11. Kisah Garam, Gelas dan Danau
Suatu ketika, seorang kakek bijaksana mendatangi cucunya yang belakangan ini selalu tampak murung. “Kenapa kau selalu murung, nak? Bukankah banyak hal yang indah di dunia ini? Ke mana perginya wajah ceriamu itu?” tanya si Kakek.

12. Kisah Professor dan Pendayung Sampan
Suatu hari, seorang Professor dari sebuah Universitas menyewa sebuah sampan untuk melakukan penelitian tentang lautan. Pendayung sampan itu hanyalah seorang lelaki tua yang sangat pendiam. Professor memang sengaja mencari pendayung sampan yang pendiam karena ia tidak mau orang yang menemaninya terlalu banyak bertanya tentang apa yang ia lakukan.

13. Kisah Peta Harta Karun
Kisah ini berawal disaat ada seorang pemuda sedang berjalan-jalan di pantai. Secara tidak sengaja, ia melihat ada botol yang terapung karena terdorong oleh ombak. Pemuda itu segera menghampiri dan mengambil botol tersebut. Ternyata ada secarik kertas tua di dalam botol, ia pun segera membuka gabus penyumbat dan mengeluarkan kertas yang ada di dalamnya. “hmm…terlihat seperti peta harta karun. Tapi mana ada sih di jaman sekarang begini.” kata si pemuda tidak percaya. Ia pun mengembalikan kertas tua itu ke dalam botol, menyumbatnya kembali dengan gabus dan membuangnya jauh kembali ke laut.

14. Kisah Nenek Pengantar Galon Air Mineral
Apakah anda termasuk orang yang suka mengeluh karena hidup ini keras? karena masalah hidup banyak? karena tidak bisa membeli barang yang diinginkan? Munkin ada baiknya membaca salah satu cerita nyata ini, agar terinspirasi dan bisa belajar dari seorang nenek yang setiap harinya mengantarkan galon air mineral hanya demi untuk membiayai hidupnya dan keluarga.

15. Kisah Katak Pemenang
Alkisah di sebuah negeri dongeng, terdapatlah sebuah kerajaan katak yang dipimpin oleh Raja yang sangat menyukai perlombaan. Setiap tahun selalu saja ada perlombaan yang melibatkan seluruh rakyatnya. Karena bagi Raja, perlombaan artinya ia akan menemukan talenta hebat yang dimiliki oleh rakyatnya, sedangkan bagi rakyat, perlombaan artinya adalah hiburan untuk menghindari kejenuhan dari rutinitas yang ada.

16. Dibayar Dengan Segelas Susu
Kisah ini diambil dari salah satu artikel yang tersebar di internet, yang mengisahkan tentang seorang dokter yang penuh cinta kasih, bernama Dr. Howard Kelly. Memang inti dari ceritanya tidak berubah, namun sepertinya terdapat beberapa hal yang terlalu berlebihan. Hal ini dipertegas dengan adanya cerita di buku biografi dari Dr. Howard Kelly sendiri. Oleh sebab itu, cerita inspiratif ini tetap diposting dan juga disertai dengan cerita nyata yang sebenarnya terjadi. Selamat membaca.

17. Kisah Penari Berbakat
Suatu ketika, ada seorang gadis muda yang sangat suka menari. Kepandaiannya menari sangat menonjol dibanding dengan rekan-rekannya, sehingga dia seringkali menjadi juara di berbagai perlombaan yang diadakan. Dia berpikir, dengan bakat dan kemampuan yang dimilikinya saat ini, suatu saat apabila dewasa nanti dia ingin menjadi penari kelas dunia. Dia membayangkan dirinya menari di berbagai negara; Rusia, Cina, Jepang, Amerika, serta ditonton oleh ribuan orang yang mengagumi tariannya.

18. Kisah Batu Ruby Yang Retak
Alkisah di suatu kerajaan, terdapatlah seorang Raja yang mempunyai sebuah Batu Ruby yang sangat indah. Raja sangat mengagumi dan bangga karena merasa memiliki sesuatu yang sangat indah dan berharga. Saat permaisuri akan merayakan ulang tahunnya, Raja berkeinginan untuk memberikan Batu Ruby sebagai hadiah kepada istri tercintanya. Namun karena kurang berhati-hati pada saat dikeluarkan dari tempat penyimpanan, Batu Ruby tersebut terjatuh, dan mengakibatkan adanya retakan kecil.

19. Pengrajin Emas Dan Kuningan
Diceritakan di sebuah negeri yang makmur, hiduplah dua orang pengrajin yang tinggal bersebelahan. Mereka adalah pengrajin emas dan pengrajin kuningan. Keduanya telah lama menjalani pekerjaan ini, sebab ini adalah pekerjaan yang diwariskan secara turun temurun. Telah banyak pula hasil kerajinan yang mereka hasilkan, cincin, kalung, gelang, untaian rantai penghias dan lain lain.

20. Kisah Si Penunda
Suatu ketika, hiduplah seorang anak yang mempunyai kedua orang tua serta adik yang masih kecil. Mereka hidup dalam keadaan yang berkecukupan dan berbahagia. Ketika bermain bersama, anak ini suka mengganggu adiknya, sehingga sering terlihat adiknya menangis karena kelakuannya. Ibunya selalu menasehati anak itu untuk tidak mengganggu adiknya lagi. Sebenarnya anak ini sudah menyadari kesalahannya dan mau meminta maaf atas kelakuannya itu, namun terdengar suara lain di dalam dirinya, “Tidak perlu melakukan sekarang, besok kan masih bisa.”

21. Terima Kasih Atas Waktumu
Alkisah diceritakan, seorang anak bernama Putera yang telah yatim sejak ia masih kecil, tinggal bersama ibunya di sebuah rumah yang sederhana. Mereka bertetangga akrab dengan Pak Mansur yang tinggal sendirian di rumahnya yang luas. Dalam segala hal, masalah apa pun, Pak Mansur adalah konsultan terbaik baik Putera.

22. Kisah Dua Orang Pemuda
Ada dua orang pemuda yang bersahabat sejak kecil, sebut saja namanya Anto dan Budi. Kedua pemuda ini tumbuh seperti anak-anak seusianya. Dalam hal semangat, keduanya hampir memiliki kesamaan yaitu sama-sama mempunyai hasrat ingin sukses. Dan mereka sama-sama menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan komputer, atau istilah gaulnya orang IT.

23. Pelukis Tanpa Tangan
Huang Guofu (41 tahun), terpaksa harus kehilangan kedua lengannya pada usia 4 tahun setelah tersetrum listrik. Ia lahir di Tongnan, Chongqing, China. Sejak usia 12 tahun, ia mulai bertekad melukis dengan mengandalkan kedua kaki dan mulutnya. Dia mulai dengan hal kecil, yaitu melukis gambar-gambar yang ia lihat dari buku menggunakan kakinya.

24. Aku Menangis Untuk Adikku 6 Kali
Aku dilahirkan di sebuah dusun pegunungan yang sangat terpencil. Hari demi hari, orang tuaku membajak tanah kering kuning, dan punggung mereka menghadap ke langit. Aku mempunyai seorang adik, tiga tahun lebih muda dariku. Suatu ketika, untuk membeli sebuah sapu tangan yang mana semua gadis di sekelilingku kelihatan membawanya, aku mencuri lima puluh sen dari laci ayahku. Ayah segera menyadarinya. Beliau membuat adikku dan aku berlutut di depan tembok, dengan sebuah tongkat bambu di tangannya. “Siapa yang mencuri uang itu?

25. Kisah Cinta Ayah Dan Botol Acar
Setahuku, botol acar besar itu selalu ada di lantai di samping lemari di kamar orangtuaku. Sebelum tidur, Ayah selalu mengosongkan kantong celananya lalu memasukkan semua uang recehnya ke dalam botol itu. Sebagai anak kecil, aku senang mendengar gemerincing koin yang dijatuhkan ke dalam botol itu. Bunyi gemericingnya nyaring jika botol itu baru terisi sedikit. Nada gemerincingnya menjadi rendah ketika isinya semakin penuh. Aku suka jongkok di lantai di depan botol itu, mengagumi keping-keping perak dan tembaga yang berkilauan seperti harta karun bajak laut ketika sinar matahari menembus jendela kamar tidur.

26. Kisah Kura-Kura yang Banyak Bicara
Alkisah di sebuah danau di pegunungan, hiduplah seekor kura-kura yang terkenal banyak bicara. Siapapun yang ditemuinya akan diajak bicara, panjang lebar tanpa jeda, sehingga sering membuat pendengarnya merasa bosan dan terganggu. Hal ini membuat binatang-binatang lain mulai menghindari kura-kura karena mereka tidak tahan apabila kura-kura mulai berbicara pada mereka. Sehingga kura-kura pun menjadi kesepian karena tidak ada yang mau berteman lagi dengannya.

27. Kisah Pertapa dan Alat Pemotong Kayu
Diceritakan pada suatu ketika, ada seorang pertapa yang selama hidupnya tinggal di dalam sebuah gua yang kecil. Suatu saat pertapa itu ingin membuat sebuah rumah. Yang pertama dia lakukan adalah turun gunung untuk membeli alat pemotong kayu di toko peralatan di kota terdekat.

28. Impian Seorang Mahasiswi
Hari pertama kuliah di kampus, Profesor memperkenalkan diri dan menantang kami untuk berkenalan dengan seseorang yang belum kami kenal. Saya berdiri dan melihat sekeliling, ketika sebuah tangan lembut menyentuh bahu saya. Saya menengok dan mendapati seorang wanita tua, kecil dan berkeriput, memandang dengan wajah yang berseri-seri dengan senyumnya yang cerah. Ia menyapa, “Halo anak cakep. Namaku Rose. Aku berusia delapan puluh tujuh tahun. Maukah kamu memelukku?” Saya tertawa dan dengan antusias menyambutnya, “Tentu saja!” Dia pun memberikan saya pelukan yang sangat erat.

29. Kisah Kura-Kura dan Kelinci
Alkisah di sebuah hutan kecil di pinggir desa, hiduplah seekor kelinci yang sombong. Dia suka mengejek hewan-hewan lain yang lebih lemah. Kelinci suka mengejek kura-kura yang berjalan lambat. “Hei, kura-kura, jalan kamu lambat sekali…lari donk, biar cepat sampai.” ejek kelinci kepada kura-kura. “Biarlah kelinci, memang jalanku lambat, yang penting aku sampai dengan selamat ke tempat tujuanku, daripada cepat-cepat nanti jatuh dan terluka.” jawab kura-kura.

Update: 200514

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s